Sejarah Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Sejarah Keselamatan dan Kesehatan Kerja


            Sekitar abad 17 yaitu pada zaman Hamurrabi (Raja Babilonia) menciptakan undang-undang yang mengatur tentang hukuman bagi ahli bangunan yang membangun rumah dan bangunannya mendatangkan malapetaka kepada pemilik bangunan atau keluarganya. Kemudian pada zaman Mozai, para ahli bangunan tersebut bertanggung jawab pula terhadap keselamatan para pelaksana dan pekerja-pekerja bangunan. Selanjutnya undang-undang keselamatan kerja meluas sampai ke Yunani, Romawi dan lain-lain. Rovolusi Industri di Inggris mengawali usaha-usaha untuk keselamatan kerja ini dengan adanya gerakan-gerakan kemanusiaan yang ditujukan bagi pengurangan jam kerja dan perlindungan kesehatan anak-anak, yang terutama sangat menderita akibat dari kondisi-kondisi pekerjaan.


            Organisasi keselamatan kerja yang tertua di dunia adalah Mulhosuse Accident Prevention Accociation berdiri tahun 1807 di Perancis. Kemudian diikuti oleh Belgia tahun 1890, Italia tahun 1984, Swedia tahun 1905, Inggris tahun 1913, Kuba tahun 1936, Afrika tahun 1913, adapun Jepang tahun 1928, Australia tahun 1927 (Suma’mur, 1993)


            Mulai sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda, keselamatan dan kesehatan kerja di Indonesia dilakukan. Setelah Indonesia merdeka keselamatan kerja berkembang sesuai dengan dinamika bangsa Indonesia. Pada tahun 1957 didirikan Lembaga Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan tahun 1970 diundangkan UU No.1 tentang Keselamatan Kerja. Pada tahun 1973 berdiri Ikatan Higiene Perusahaan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Dibangun pula Laboratorium Kesehatan Kerja pada tahun 1969.

About ニコ チャン

未だ大学で勉強しています、大学の名前はGunadarma University です。 性格は 親切 と思います。 私も仕事しています。 仕事が終わったら 直ぐ大学勉強しに行きます。 仕事しながら勉強して 大変 けれども 楽しいと思います。
This entry was posted in umum. Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan